Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan 7 Komponen Keamanan Pada Gedung Perkantoran


Setiap orang pasti membutuhkan rasa aman, baik di rumah maupun di luar rumah, seperti ketika sedang berada di mall atau ketika sedang bekerja di perkantoran. Jika kamu adalah seorang pemilik perusahaan yang menyewa gedung perkantoran, ada baiknya untuk memerhatikan sistem keamanan gedung di perkantoran. Ada beberapa komponen utama keamanan gedung yang patut untuk diperhatikan, diantaranya adalah


  1. Memiliki Pos Keamanan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah gedung yang memiliki pos keamanan. Tidak hanya itu, pos keamanan tersebut perlu diisi oleh seorang petugas yang berjaga dengan sistem shift dan beroperasi selama 24 jam dalam sehari. Jadi, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada pihak dari keamanan yang siap sedia untuk mengamankan.


  1. Adanya CCTV

Dengan adanya CCTV yang penting untuk menjadi rekam jejak terhadap suatu peristiwa yang terjadi, maka keberadaan CCTV menjadi sangat penting. Maka, sebelum memutuskan untuk menyewa kantor, lebih baik dipastikan terlebih dahulu apakah ada CCTV yang terpasang dan jika ada, apakah CCTV tersebut dipasang di titik-titik rawan. Selain itu, perlu ditanyakan pula untuk sistem pengelolaan CCTV dan kualitas gambar dan jangkauan dari CCTV tersebut.


  1. Alarm Kebakaran

Di setiap gedung perkantoran, pastinya ada ketersediaan tombol alarm kebakaran yang berfungsi. Tidak hanya itu, ada baiknya untuk setiap petugas keamanan juga sudah menguasai bagaimana cara mengoperasikan tombol tersebut. Tidak hanya itu, perlu dipastikan bahwa pengelola gedung membuat jadwal terkait dengan fungsi kerja tombol alarm kebakaran yang dipasang untuk selalu berfungsi dan jika ada kerusakan, maka pengelola melakukan perbaikan terhadap tombol tersebut.


  1. Barang-barang yang Diperlukan Ketika Keadaan Darurat

Selain ketiga hal yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya pengelola gedung juga memiliki barang-barang seperti P3K, alat pemadam kebakaran ringan (APAR) dan telepon selular, dan alat pengeras suara. Barang-barang tersebut berguna apabila ada kejadian yang tidak diinginkan. Selain itu, pengelola juga bisa memastikan siapa saja yang mampu untuk mengoperasikan alat-alat tersebut.


  1. Sistem Pemeriksaan

Nah, hal ini mungkin terdengar biasa, namun Anda juga harus memerhatikan bagaimana ketika Anda berkunjung ke gedung tersebut. Sebaiknya Anda juga mengamati bagaimana sistem pemeriksaan saat masuk ke dalam gedung. Pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak pengelola gedung bisa mencegah adanya tindak kriminal yang bisa terjadi dan membahayakan semua karyawan yang ada.


  1. Sistem Pintu di Dalam Ruangan Kantor

Mungkin sepele, namun hal ini juga harus diperhatikan oleh Anda. Lebih baik mencari pintu kantor dengan akses kartu sehingga pintu akan membuka dan menutup secara otomatis. Hal ini juga untuk menghindari adanya buka dan tutup pintu ke ruangan yang seharusnya tidak dibuka oleh karyawan lainnya seperti ruang arsip dan lainnya.


  1. Peraturan Terhadap Tamu Kantor

Tidak mungkin apabila kita memiliki usaha tidak berhubungan dengan klien yang bisa menjadi tamu dan mengunjungi kantor kita kelak. Hal ini juga patut untuk Anda tanyakan ke pihak pengelola gedung, bagaimana peraturan terhadap tamu kantor yang berkunjung.


Nah, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda menempati gedung untuk dijadikan lokasi kantor. Jika Anda ingin berkonsultasi masalah keamanan gedung, Anda bisa langsung menghubungi SECOM, industri pelayanan keamanan dari Jepang yang sudah didirikan dari tahun 1962 dan ekspansi ke Indonesia pada tahun 1994.